pressure gauge
Bahasa :
 
 
 

Product Category

Shop By Brand

Please select

Best Sellers

  1. DPG Digital Pressure Gage
  2. Dwyer DPG Series - 2 Psi
  3. Dwyer DPG Series - DPGA- 08 / 0 - 100 psi
  4. WIKA 232.50 - 100-BC/ -76 cmHg + 0.6 kg
  5. WIKA 212.53 - 100-BT/ 100 kg/ 1400 psi
GE Druck

 
 

Berita » Macam-Macam Sensor Pengukur Suhu

 
Wednesday, 21 August 2013

Perkembangan teknologi yang semakin cepat juga ikut mempengaruhi perkembangan thermometer. Jika pada jaman dahulu thermometer lebih sering hanya dipakai untuk mengukur suhu ruangan atau suhu tubuh di bidang kesehatan. Maka thermometer juga mulai dapat dipergunakan dalam berbagai bidang, khususnya pada bidang industri. Agar dapat memenuhi berbagai kebutuhan berbagai macam bidang industri, thermometer pun mengalami banyak perkembangan teknologi. Penggunaan sensor pun menjadi hal yang sangat wajar sebagai komponen utama pada thermometer. Sensor yang dipakai pun bukanlah sembarang sensor, namun sensor yang memang telah dikhususkan sebagai alat sensor di bidang suhu. Berikut adalah beberapa jenis sensor yang dipakai dalam pengukuran suhu.

Alat sensor pertama dan yang paling terkenal adalah termokopel atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan thermocouple. Dasar dari termokopel sangat sederhana yakni terdiri dari sepasang konduktor atau penghantar yang berbeda namun disambung dengan cara dilas membentuk sambungan referensi pada kedua ujung sementara kedua ujung yang lain digunakan sebagai pengukuran suhu. Prinsip kerja dari termokopel ini adalah perbedaan panas antara sambungan pengukuran dengan sambungan referensi secara gradient akan menghasilkan tegangan listrik, untuk kemudian dapat diukur melalui kedua ujung bebas dari dua konduktor tersebut.

Resistant Temperature Detector atau RTD adalah jenis sensor pengukuran suhu lainnya yang menggunakan prinsip tahanan listrik dari logam yang bervariasi namun sebanding dengan suhu. Kesebandingan variasi ini yang dapat digunakan untuk mengukur suhu secara konsisten melalui pendeteksian resistant atau tahanan. Biasanya RTD menggunakan bahan baku platina.

Thermistor adalah sensor suhu yang berupa resistor, sebuah komponen elektronika yang peka terhadap panas. Thermistor memiliki sifat yang unik, yakni jika suhu meningkat, tahanan atau resistansi yang ada dalam thermistor ini justru menurun. Sensor ini sangat baik untuk mendeteksi perubahan suhu yang kecil. Sensor terakhir adalah IC. Menggunakan IC atau rangkaian terpadu sudah menjadi hal yang biasa. Dengan adanya chip silicon ini, maka alat-alat pengukuran suhu pun dapat dibuat dengan semakin ringkas.

Sensor-sensor suhu ini sangat berguna dalam perkembangan teknologi yang memungkinkan thermometer memiliki rentang fungsi yang sangat luas pada berbagai bidang kehidupan manusia.

Sumber: http://www.musbikhin.com



 

Support Online


  CS : (021) 623-20111
  (021) 623-20511
  Support : (021) 6232 0980
  (021) 6232 0981
  International Buyer
+62 21 623 20111

The future evolution of the S-10
Rototherm
  Copyright © 2013 Momentous Instrumindo. All trademarks and logos are the property of their respective owners.